7 Tips Menghemat Kuota Data Internet Kamu di Android

Untuk Android
 Sekarang memang internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak orang khusunya pelajar yang mengeluhkan mahalnya harga kuota data internet sekarang ini. Kali ini saya akan membagikan Tips menghemat kuota data internet di smartphone android kamu, simak baik-baik sob 😊

1. Gunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing.
Fitur ini di aktifkan sob
Jika kamu pengguna Chrome browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

2. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan.
Di non-akftifkan ya sob
Salah satu cara menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya.
Dibatasi biar gak kelebihan penggunaan
Dan ini dia menurut saya cara yang paling mudah dan penting. Kamu pasti tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap HP Android? Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limitTapuntuk mengaktifkannya.

4. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data).
Batasi biar hemat sob
Jika kamu benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghematnya adalah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang.

5. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data.
Di Identifikasikan deh
Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa kunjungi menu Settings > Data Usagescroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya kamu bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

6. Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi.
Batasi biar lebih hemat juga sob
Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting di aplikasi tersebut. Contohnya Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

7. Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi.
Jangan Pakai Data
ika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Nah, itu tadi tips menghemat kuota data internet kamu, semoga bener-bener bisa menghemat kuota data kamu ya sob ! 


EmoticonEmoticon